Apa Penyebab Anak Sesak Nafas: Alergi atau Asma?

Klinik Anak Medan – Asma dan alergi merupakan salah satu kondisi kronis yang paling umum menyerang anak-anak. Asma menyerang sekitar 6,5% anak-anak di bawah usia 18 tahun dan hampir 19% anak-anak mempunyai alergi musiman.

Mengingat kedua kondisi ini berdampak pada saluran pernapasan anak, tidak jarang beberapa gejalanya tumpang tindih. Hal ini dapat menimbulkan tantangan dalam menentukan apakah anak Anda menderita asma, alergi, atau kombinasi keduanya. Berikut adalah beberapa hal yang dipertimbangkan Spesialis Anak di Medan saat membuat diagnosis.

Memahami Alergi

Alergi sering terjadi dan menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Gejala alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen atau pemicu seperti serbuk sari, tungau debu, bulu hewan peliharaan, atau makanan tertentu. Saat anak Anda terpapar alergen, tubuhnya melepaskan bahan kimia seperti histamin, yang dapat menimbulkan berbagai gejala, antara lain:

• Bersin
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Mata gatal atau berair
  • Batuk

Alergi terkadang dapat menyebabkan sesak napas, namun biasanya tidak separah serangan asma. Perlu diketahui juga bahwa alergi juga dapat memicu gejala asma pada anak yang sudah menderita asma, sehingga penting untuk menangani kedua kondisi tersebut secara bersamaan.

Memahami Asma

Asma adalah suatu kondisi pernafasan kronis yang menyebabkan peradangan pada saluran udara di paru-paru. Pada anak penderita asma, saluran pernapasannya mengalami peradangan dan penyempitan, sehingga membuatnya lebih sulit bernapas.

Gejala asma yang umum meliputi:

• Sesak napas
  • Suara seperti siulan bernada tinggi saat bernapas
  • Batuk, terutama pada malam atau dini hari
  • Sesak dada

Gejala asma anak Anda bisa berkisar dari ringan hingga berat, dan sering kali memburuk saat serangan asma. Serangan dapat dipicu oleh alergen, infeksi saluran pernafasan, olahraga, atau paparan bahan iritan seperti asap atau bau yang menyengat.

Baca Juga: Haruskah Anda Membawa Si Kecil Melakukan Baby Spa?

Membedakan Antara Alergi dan Asma

Meskipun alergi dan asma memiliki gejala yang serupa, ada perbedaan utama yang dapat membantu Anda membedakan keduanya:

Pemicu atau alergen

Alergen tertentu memicu alergi. Gejala asma tidak hanya terjadi karena respons terhadap alergen, tetapi juga karena faktor lain, termasuk infeksi, olahraga, atau stres.

Waktu

Gejala alergi sering kali muncul segera setelah terpapar alergen, sedangkan gejala asma dapat berkembang secara bertahap atau tiba-tiba dan intensitasnya bervariasi. Jika anak Anda memiliki alergi musiman, gejalanya muncul sepanjang tahun ketika pemicunya, seperti jamur atau serbuk sari, berada di sekitar anak.

Pola pernapasan

Pada alergi, sesak napas biasanya disertai hidung tersumbat atau bersin, sedangkan pada asma sering disertai mengi dan dada terasa sesak.

Mendiagnosis dan Mengobati Kondisi Pernapasan Anak Anda

Jika Anda mencurigai anak Anda mengalami alergi atau asma, buatlah janji temu di Klinik Anak SPC bersama Spesialis Anak di Medan. Para spesialis anak tersebut melakukan pemeriksaan menyeluruh, meninjau riwayat kesehatan anak Anda, dan melakukan tes untuk menentukan penyebab gejalanya.

Spesialis anak tersebut menawarkan rencana perawatan yang disesuaikan. Untuk alergi, pengobatannya meliputi menghindari alergen, antihistamin yang dijual bebas atau dengan resep dokter, semprotan kortikosteroid hidung, dan suntikan alergi (imunoterapi). Sedangkan, perawatan untuk asma mungkin termasuk kortikosteroid inhalasi, obat pereda cepat, modifikasi gaya hidup, dan rencana tindakan bagi perawat untuk memantau dan mengelola gejala.

Dengan diagnosis dan penanganan sesak napas anak yang tepat, Anda dapat membantunya menjalani hidup yang sehat dan aktif. Baik itu alergi maupun asma, deteksi dini dan pengobatan yang tepat adalah kuncinya. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan pernafasan anak Anda, hubungi Spesialis Anak di Medan untuk membuat janji temu. Kami dapat membantu anak kesayangan Anda bernapas lebih lega agar setiap hari lebih menyenangkan.

Keinginan yang kuat untuk membantu menjaga kesehatan anak-anak membuat kami yakin Klinik Anak SPC harus dibangun. Klinik Anak SPC merupakan sebuah platform yang menyediakan pelayanan kesehatan khusus anak di kota Medan. Kami para Spesialis Anak di Medan khususnya, terus berupaya membantu mewujudkan kesehatan anak secara fisik dan mental demi kemajuan generasi yang akan datang.

Klinik Anak SPC berdiri pada tahun 2020 dibawah naungan Nusindo Medika Utama yang berlokasi di Kota Medan. Klinik terbaik untuk anak di Medan ini menyediakan pelayanan anak secara umum, kesehatan mulut dan gigi, konsultasi psikologi anak, imunisasi, dan juga baby spa serta sunat anak dengan metode modern. Kami berharap penuh untuk kesehatan anak pada masa mendatang. Hubungi kami sekarang juga, karena kami Spesialis Anak di Medan yang memiliki harapan besar dalam membantu kesehatan anak demi masa depan bangsa yang lebih cerah!